Mengapa startup dan usaha kecil perlu menghadiri pameran dagang?

Banyak orang yang menjalankan bisnis pertunjukan satu orang atau bahkan bisnis kecil berpikir bahwa menampilkan di pameran dagang tidak sesuai dengan keinginan mereka karena pertimbangan keuangan, karena perusahaan besar memiliki departemen pemasaran besar dengan anggaran besar, karena stan pameran dagang tidak terjangkau untuk semua orang, karena mereka tidak memiliki visi tentang bagaimana merancang stan, bagaimana memindahkan dan merakitnya, bagaimana membuat pameran dagang, dll.

Kecuali untuk pertimbangan anggaran untuk menyewa ruang yang sebenarnya di lantai pameran dagang, segala sesuatu yang lain tidak benar. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda mengapa pameran dagang sangat penting. Saya menulis ini dari pengalaman saya sendiri, sebagai seseorang yang telah bekerja pada desain stan pameran dagang, telah benar-benar mendirikan pameran dagang, dan bekerja di lantai pameran dagang sebagai peserta pameran dan pengunjung.

mengapa pameran dagang sangat penting
sumber: okezone.com

Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk menghadiri dan berpameran di pameran dagang, bahkan jika Anda baru memulai bisnis atau menjalankan bisnis kecil:

1. Dapatkan kecerdasan kompetitif

Sebagai seorang pengusaha yang menjalankan bisnis kecil, sangat sulit untuk mendapatkan kecerdasan kompetitif, dan itu adalah pengetahuan tentang bagaimana mereka dibandingkan dengan pesaing Anda, bagaimana mereka melakukan sesuatu, dan apa yang membuat mereka lebih sukses dari Anda atau kurang sukses dari Anda. Jangan lupa untuk memberikan penekanan pada skenario yang kurang berhasil juga, karena Anda juga ingin memiliki daftar semua kesalahan yang dilakukan orang lain, sehingga Anda dapat menghindarinya.

Di pameran dagang, hal termudah untuk dilakukan adalah mengumpulkan intelijen yang dapat ditindaklanjuti. Ini benar-benar tidak lebih dari itu, karena pesaing Anda ada di ujung jari Anda. Di permukaan, mereka semua tampak sangat percaya diri dengan promosi penjualan mereka dan kecemerlangan taktik pemasaran mereka, tetapi mereka berada dalam posisi yang sangat lemah, karena mereka memberikan semua yang mereka punya dan mereka juga khawatir tentang *persaingan* mereka, yang, percaya atau tidak… kamu!

Manfaatkan posisi luar biasa ini. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah berjalan ke pameran dagang di awal – yaitu, sebelum semua orang mengenal semua orang di peserta pameran – dan mengajukan pertanyaan dan mengajukan banyak pertanyaan.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dari jalan-jalan sederhana di sekitar ruang pameran:

  • Sebuah sinopsis empat pon pasar Anda yang dapat Anda tinjau di waktu luang Anda, dari kenyamanan sofa Anda yang mungkin mencakup kumpulan literatur (secara harfiah) tentang pemasok dan distributor di target Anda dan bidang yang sangat unik, pers perdagangan.
  • Konsep pasar baru.
  • Anda juga dapat menempatkan diri Anda di milis, berpartisipasi dalam survei pasar, dan mendapatkan langganan gratis ke beberapa majalah.
  • Lebih banyak cangkir kopi, permen promosi, permen, pena, kartu nama berlaminasi, dan bola golf gratis daripada yang Anda perlukan.

2. Ketahui apa yang dipikirkan pesaing Anda tentang produk atau layanan Anda

Sekali lagi, ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan pada awal pameran dagang dan bekerja paling baik di ruang pameran yang lebih besar.

sesuatu yang perlu dilakukan pada awal pameran dagang
sumber: okezone.com

Tampilkan diri Anda sebagai orang lain, tertarik dengan produk atau layanan yang Anda dan pesaing Anda tawarkan. Ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menggunakan teknik pacaran. Jadilah kreatif, ingat Anda tidak akan rugi, Anda memegang kendali dan bola ada di lapangan Anda.

Dapatkan ulasan lengkap tentang lini produk pesaing Anda. Anda kemudian dapat menanyakan pendapat mereka tentang produk dan layanan perusahaan Anda. Karena mereka tidak tahu siapa Anda sebenarnya, mereka akan memberi tahu Anda apa yang sebenarnya mereka pikirkan. Sangat membantu untuk mendengar apa yang sebenarnya dikatakan pesaing Anda tentang Anda kepada prospek, ingatlah bahwa Anda bertindak seperti pelanggan potensial.

Ini adalah penelitian kompetitif sebagai yang paling intens dan lantai pameran dagang adalah tempat terbaik untuk itu. Studi menunjukkan bahwa perusahaan lebih bersemangat untuk membuka diri dan membicarakan persaingan mereka di pameran dagang daripada di lingkungan lain mana pun (tentu saja Anda dapat menelepon, tetapi Anda tidak akan mendapatkan efek yang sama).

Pada titik ini, jika Anda masih membaca ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa, atas nama segala sesuatu yang rasional, saya berbicara tentang memata-matai pesaing Anda daripada alasan yang jelas untuk mengadakan pameran dagang, yang mempromosikan produk atau melayani? Nah, para analis dan pakar pameran dagang mengatakan bahwa investigasi persaingan adalah tujuan sebenarnya dari pertunjukan ini.

3. Temui pembeli

Tawarkan produk atau layanan Anda kepada orang-orang yang berkualifikasi tinggi sebagai pembeli. mengapa? Nah, karena ini adalah orang-orang yang telah melalui kesulitan menghadiri pertunjukan dan sangat tertarik dengan jenis bisnis Anda. Anda juga dapat bertemu pelanggan saat ini dan pelanggan potensial dan mendapatkan umpan balik nyata dan pemahaman tentang bagaimana produk atau layanan Anda dipahami, bagaimana kinerjanya dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya, yaitu lebih menarik dan lebih berguna bagi pelanggan Anda.

Tawarkan produk atau layanan Anda kepada orang-orang yang berkualifikasi tinggi sebagai pembeli
sumber: superyou.co.id

4. Tekan bertemu

Temui orang-orang dari pers bisnis di bidang Anda. Mereka selalu menghadiri acara ini, dan Anda mungkin tidak akan mendapatkan kesempatan yang lebih baik untuk berbicara langsung dengan staf editorial teratas.

Anda juga memiliki peluang besar untuk terhubung dengan distributor, grosir, broker, dan lainnya di saluran distribusi Anda.

5. Menjual

Anda juga dapat menjual produk atau layanan Anda, di sana, segera. Pastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk melakukan ini.

Rencana ke depan dan memungkinkan peluang bisnis yang serius. Sebagian besar orang yang datang ke kabin Anda akan menjadi penggemar ban. Mereka akan mengambil segenggam pistachio, memeriksa pena promosi Anda (atau USB flash drive yang sarat dengan penawaran pemasaran multimedia Anda—petunjuk, petunjuk), pilih barang-barang cetakan Anda dan pindah ke stan berikutnya. Tapi sesekali, Anda akan mendapatkan yang hidup. Ketahui bagaimana dan di mana Anda akan berbicara panjang lebar dengan orang ini. Apakah itu akan menjadi tempat di belakang stan, ruang pertemuan di dekatnya, meja di area konsesi, pertemuan selanjutnya di stan perusahaan Anda? Teman-teman, percayalah pada saya, sikap “kami akan membalas Anda” akan kehilangan penjualan. Anda harus siap bahwa, jika mereka melihat bahwa Anda tidak siap untuk menutup transaksi di sana, segera (bahkan jika tren di zaman sekarang ini terus bergerak menjauh dari menulis pesanan instan di lantai pameran dagang), mereka akan pergi.

6. Generasi filamen

Itu sebenarnya inti dari menghadiri pameran dagang – membuat milis untuk diikuti. Inilah yang dapat (dan seharusnya) mendatangkan potensi pengembalian atas investasi besar yang telah Anda lakukan dengan menghadiri pameran dagang. Baik Anda hanya mengumpulkan kartu nama, menulis nama di selembar kertas, atau menggunakan teknik pameran dagang canggih seperti memindai label orang, Anda harus membuat milis dan benar-benar menindaklanjuti segera setelah pertunjukan selesai. , sementara upaya pemasaran Anda masih segar di benak orang.

Itu benar-benar membuat kesan yang baik jika Anda segera menindaklanjuti, baik dengan menelepon atau mengirim cetakan dan informasi tambahan. Berurusan dengan permintaan informasi tambahan kepada calon klien akan menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu mereka dan memberikan layanan pelanggan berkualitas tinggi.