8 Kesalahan Besar Pada Usaha Bisnis Kecil

Inilah ide yang menarik: Apakah Anda menyadari bahwa ada kesalahan yang dapat Anda buat pada berbagai tahap pertumbuhan bisnis Anda yang dapat membunuh Anda secara perlahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun jika Anda tidak memperhatikannya?

Nah, bug ini ada dan tidak hanya untuk startup. Banyak perusahaan yang beroperasi, termasuk yang menurut Anda “berhasil” karena telah berdiri selama lebih dari 10 tahun, sering kali terus membuatnya… dan mungkin kehilangan banyak uang dan/atau membuang banyak waktu dalam prosesnya .

beberapa kesalahan besar dan menipu ini tampaknya menargetkan perusahaan
sumber: ukmindonesia.id

Meskipun beberapa kesalahan besar dan menipu ini tampaknya menargetkan perusahaan jenis layanan, mereka benar-benar cocok untuk hampir semua jenis industri. Saya telah melakukan yang terbaik dengan daftar di bawah ini untuk memberikan contoh untuk membuktikannya.

Meminimalkan Waktu Proyek/Layanan- Ini adalah waktu besar dan menyangkut perusahaan jasa serta perusahaan yang menjual produk. Ini adalah roti dan mentega dari sebuah perusahaan jasa. Jika Anda tidak menghargai waktu Anda untuk melakukan setiap servis dengan amunisi Anda, Anda akan terbakar habis dan tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, tetapi Anda harus gigit peluru dan belajar darinya. Cara terbaik untuk memperkirakan waktu adalah dengan melakukannya sendiri atau melihat karyawan terbaik Anda melakukan pekerjaan, lalu tambahkan sedikit faktor curang di atasnya. Untuk perusahaan produk, waktu menjadi masalah dengan logistik, jadi waspadalah!

Tidak mengetahui nomor/harga perusahaan Anda secara salah – perhatikan bahwa saya menekankan kata “milik Anda”. Merupakan kesalahan umum untuk menggunakan pesaing sebagai metrik penetapan harga tanpa mengetahui mengapa mereka menggunakan angka-angka ini. Pikirkan tentang mimpi buruk yang akan Anda alami jika Anda mengambil harga pesaing, menurunkannya sebesar 10% dan kemudian mulai menjual. Bagaimana jika kompetisi memiliki struktur harga yang buruk dan Anda hampir tidak menghasilkan atau kehilangan uang?!?! Bagaimana jika biaya Anda lebih dari mereka?!?! Anda dapat menggunakan pesaing sebagai titik awal tetapi Anda tidak dapat mendasarkan seluruh strategi Anda di atasnya.

Industri yang berbeda memiliki variabel mereka sendiri mengenai biaya dan Anda harus menyadarinya untuk proyek Anda atau untuk menentukan harga produk Anda. Apa yang Anda bayar untuk produk yang akan Anda jual bukanlah satu-satunya biaya yang harus Anda pikirkan saat Anda menentukan harga produk. Berapa biaya tenaga kerja dan bahan Anda untuk suatu layanan hanyalah sebagian kecil dari upah per jam Anda. Biaya karyawan lebih dari sekedar gaji dan tidak setiap karyawan merupakan bagian dari biaya tenaga kerja. Setiap perusahaan memiliki asuransi yang harus dibayar. Ada banyak overhead yang harus menjadi bagian dari harga Anda. Oh, omong-omong, hal besar yang banyak orang lupakan tentang harga mereka adalah faktor kualitas. Apa yang Anda sertakan sebagai “Layanan Standar” atau “Fitur Produk Standar” serta etiket situs bisnis, layanan toko, atau jaminan, semuanya harus diperhitungkan dalam harga Anda. Saya akan membahas lebih lanjut tentang alasannya di bagian selanjutnya.

hal besar yang banyak orang lupakan tentang harga mereka adalah faktor kualitas.
sumber: linkumkm.id

Tidak memungut biaya untuk semua waktu dan biaya Anda – Ini terdengar seperti pernyataan bodoh bagi sebagian orang, tetapi saya yakin sebagian besar pemilik bisnis akan mengakui bahwa mereka kadang-kadang menyerah pada banyak pertanian. Hei, tidak ada salahnya memberi sedikit di sana-sini untuk menunjukkan bahwa Anda peduli. Tapi bagaimanapun juga, bukan itu yang saya bicarakan di sini. Kekhawatiran saya adalah mereka yang menaruh banyak kualitas ke dalam pekerjaan, produk, atau toko mereka dan tidak menutupi biayanya. Misalnya, katakanlah Anda menjalankan perusahaan jasa dan pesaing Anda tidak menawarkan layanan standar tertentu seperti yang Anda lakukan. Anda tidak hanya dapat menurunkan harga mereka untuk pencurian pekerjaan; Anda perlu menutupi biaya ini dalam harga Anda dan mengiklankan fakta bahwa itu datang dengan harga di muka. Toko melemahkan diri mereka sendiri, misalnya, ketika mereka menempatkan lebih banyak orang di lantai untuk melayani pelanggan tetapi tidak mengenakan biaya untuk itu. Hal-hal ini menghabiskan uang Anda dan ketika pesaing Anda tidak, biayanya lebih sedikit. Berikan layanan yang lebih baik daripada yang lebih sedikit, dan pesaing Anda harus menunggu sebentar hingga Anda jatuh sehingga mereka dapat menerkam lagi.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus percaya bahwa Anda menawarkan barang berharga kepada pelanggan Anda yang layak dibayar. Jika Anda memiliki kesempatan untuk menjelaskan mengapa harga Anda begitu tinggi, ambil kesempatan itu dan lakukanlah. Jika mereka tidak menyukai kenyataan bahwa Anda memasukkan hal-hal yang dikenakan biaya tambahan oleh orang lain untuk nanti atau bahwa Anda memperlakukan mereka dengan lebih baik, mereka cenderung menjadi pembelanja yang cukup murah. Anda tidak ingin mereka sebagai pelanggan tetap. Percaya padaku.

Tidak membayar cukup cepat – itu benar, masalah arus kas lama. Selama Anda benar-benar menghasilkan cukup uang untuk membayar tagihan, masalah ini dapat diperbaiki, dicegah, atau setidaknya dibuat tidak seburuk yang seharusnya. Inilah kesepakatannya:

Pertama-tama, tagihan pelanggan di tempat. Sangat umum bagi usaha kecil untuk tidak memiliki prosedur atau sistem untuk mengeluarkan tagihan dari rumah pada waktu yang tepat (lihat bagian berikutnya untuk informasi lebih lanjut). Sekali lagi, ini mungkin tampak tidak mungkin karena itulah mengapa kami melakukan pekerjaan – dibayar. Tetapi terlalu mudah bagi orang yang bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada petugas penagihan untuk menjadi terlalu sibuk untuk membawanya ke sana atau memiliki cukup organisasi untuk memberikannya kepada mereka dengan cara yang benar.

Bagian kedua untuk memperlambat atau menghentikan krisis arus kas reguler adalah membuat kesepakatan pembayaran secepat mungkin dengan pelanggan dan selambat mungkin dengan vendor dan karyawan. Jika ada cara untuk tidak membayar karyawan lebih dari dua kali sebulan, yang terbaik adalah melakukannya. Kontraktor selalu memiliki masalah dengan ini. Jika Anda harus membayar setiap minggu, beri tahu mereka sebelum mereka ditetapkan bahwa mereka akan terlambat seminggu, dan mereka akan membeli Anda seminggu. Ini akan membantu, saya janji.

Bagian ketiga termasuk kredit. Jika perusahaan Anda bisa mendapatkan kartu kredit, dapatkan. Hal ini memungkinkan pembelian hal-hal penting tertentu (yang Anda mampu) yang mungkin timbul selama krisis arus kas. Lebih baik lagi, terutama jika Anda tidak punya pilihan selain menangani pembayaran pelanggan selama lebih dari 45 hari, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan fasilitas kredit bagi perusahaan. Ini adalah suatu keharusan jika Anda berencana untuk menjual kepada pemerintah atau melakukan bisnis jasa komersial. Klien ini sering memiliki masa tunggu mulai dari 60 hingga 90 hari.

Gagal Memiliki Sistem dan Prosedur yang Solid Banyak prosedur (dikenal sebagai “rutin”) menjadi alasan mengapa begitu banyak orang memulai bisnis mereka sendiri sejak awal. Sayangnya, tidak memiliki prosedur dan sistem sama sekali bukanlah alternatif. Tergantung pada jenis industrinya, pemilik bisnis harus mencapai media yang bahagia atau kekacauan dan hal yang tidak diketahui akan terjadi. Beberapa contoh dasar yang memerlukan prosedur atau sistem termasuk penagihan, penagihan, penggajian, sumber daya manusia (wawancara, perekrutan, liburan, tunjangan, tanggung jawab pekerjaan, dll.), manufaktur, peralatan operasi, pemeliharaan peralatan, inventaris, kunjungan/panggilan penjualan, dan logistik ke puncak gunung es.

Bahkan satu orang yang menonton memerlukan beberapa prosedur administratif. Ini akan memudahkan untuk mempekerjakan karyawan sementara dan subkontraktor dan mengontrol apa yang mereka lakukan untuk Anda. Tanpa setidaknya versi sistem atau prosedur yang dipermudah untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, Anda akan bertanggung jawab untuk menyebabkan banyak sakit kepala besar seiring pertumbuhan perusahaan Anda. Saya tidak bisa menekankan betapa pentingnya hal ini ketika membawa karyawan baru. Saya yakin Anda pernah mendengar ini sebelumnya, tetapi saya juga pendukung besar memiliki buku pegangan karyawan bahkan untuk satu karyawan. Sungguh menakjubkan bahwa orang dapat menyebabkan masalah bagi pemilik bisnis hanya karena mereka membiarkan Anda membayar mereka.

Menghabiskan uang iklan hanya untuk mengatakan Anda beriklan – Saya hampir ingin melihat klien saya tidak beriklan dan kemudian membelanjakannya tanpa melihat hasil pelacakan. Kampanye pemasaran tidak berguna jika Anda tidak menempatkan hal-hal yang memungkinkan Anda mengukur keberhasilan rencana tersebut. Bagian pemasaran lain yang sia-sia yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah tidak melacak kampanye sukses mereka sebelumnya. Mengapa beberapa orang berpikir bahwa hanya karena iklan $400 per bulan bekerja dengan baik sekali untuk satu musim sibuk, iklan tersebut akan berjalan secara otomatis setiap tahun setelah itu.

Menghabiskan uang iklan hanya untuk mengatakan Anda beriklan
sumber: suara.com

Menyebarkan diri Anda terlalu kurus – Ini adalah kesalahan klasik yang dilakukan setiap pengusaha. Kuncinya adalah mengetahui kapan Anda berada pada titik “mengenakan banyak topi” dan mulai mendapatkan bantuan. Solusinya di sini adalah untuk mengetahui kekuatan Anda dan untuk dapat melihat ketika Anda tidak melakukan tugas yang membutuhkan keterampilan ini. Jika Anda adalah tenaga penjual terbaik di perusahaan, Anda tidak akan terjebak dalam operasi sehari-hari. Jika Anda melakukannya, penjualan akan turun dan Anda pada akhirnya tidak akan memiliki operasi yang perlu dikhawatirkan. Pikirkan tentang ini untuk membantu Anda mengetahui apakah Anda benar-benar kekurangan: Apakah Anda benar-benar mulai bekerja sendiri lebih dari 80 jam seminggu?

Tidak mendapatkan bantuan cukup cepat – Tetapkan tujuan untuk mengetahui kapan harus menugaskan orang untuk mengambil alih tempat Anda memahami pengetahuan. Tidak mendapatkan bantuan atau menunggu terlalu lama dapat membunuh perusahaan. Kebanyakan orang yang memulai bisnis melakukannya karena mereka ahli dalam hal teknis atau penjualan. Jika Anda tahu cara terbaik untuk membuat widget, kekuatan Anda terletak pada produksi dan di sinilah Anda harus menghabiskan waktu Anda. Pekerjakan perusahaan atau konsultan luar untuk menangani penjualan dan pemasaran, lalu pekerjakan internal jika Anda mampu membayar orang penuh waktu. Jangan menjadi sesuatu bagi perusahaan Anda, Anda bukan siapa-siapa. Itu hanya akan menahan Anda.

Tiga masalah besar yang orang suka atasi sendiri tetapi biasanya kurang akrab dengannya adalah masalah hukum, masalah akuntansi/pembukuan, dan masalah operasi sehari-hari. Kemungkinan ketiga hal ini adalah ikatan terlemah Anda, jadi jika Anda tidak memiliki pasangan dengan latar belakang topik ini, bersiaplah untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin. Sebaiknya lakukan ini sebelum Anda memulai bisnis.

Meskipun merupakan ide yang baik untuk mencari masalah ini kapan saja, akhir tahun atau musim adalah periode waktu yang sangat baik untuk memastikan Anda tidak melakukan kesalahan ini. Luangkan waktu atau luangkan waktu untuk memperbaiki masalah ini. Jika Anda tidak tahu cara membalikkan masalah, dapatkan bantuan. Jika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk mencari tahu apakah Anda memiliki masalah ini atau tahu itu ada dan tidak bisa berhenti cukup lama untuk melakukannya dengan benar, dapatkan bantuan.